Sabtu, Maret 12, 2016

Manajemen File - Sistem Berkas

Edit Posted by





Maksud dari gambar diatas ialah : Dimana Data itu ialah informasi yang belum diolah, dan ketika sudah diolah maka jadilah informasi. Kemudian informasi tersebut dipilih-pilih lagi menjadi sebuah File/Berkas.

1.DATA
Data adalah Kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memiliki arti. 
Contoh dari data ialah :
  • Catatan identitas mahasiswa
  • Catatan transaksi
  • Pembayaran mahasiswa
  • Catatan nilai mahasiswa
  • Dll
Klasifikasi data :
  • Data tetap : Kelompok data yang tidak mengalami perubahan , paling tidak dalam kurun waktu yang lama . contoh : data pribadi mahasiswa
  • Data tidak tetap : kelompok data yang secara rutin yang mengalami perubahan. Contoh : data krs setiap semester , IPK , Umur
  • Data yang bertambah menurut waktu : kelompok data ini biasanya merupakan data akumulasi dari kelompok data tetap dan tidak tetap . contoh : data rekap nilai tiap semester , sensus penduduk , jumlah kematian .
2. Informasi
Informasi adalah data yang telah diorganisasikan kedalam bentuk sesuai dengan kebutuhan seseorang
Contoh :
  •  Daftar mahasiswa berdasarkan jurusan
  • Rekapitulasi nilai mahasiswa
  • Dll







3. File / Berkas
File / Berkas adalah kumpulan record yang menyatakan sekumpulan aspek – aspek tertentu dan terorganisasi secara khas yang dipakai untuk maksud – maksud tertentu.
File diletakan dalam media penyimpanan , yang memiliki struktur penyimpanan dan mempunyai nama sehingga dapat diakses oleh program.
Jenis – jenis file :
  • Text file; yaitu urutan karakter yang disusun ke dalam baris-baris
  • Source file; yaitu urutan subroutine dan fungsi yang nantinya akan dideklarasikan
  • Object file; merupakan urutan byte yang diatur ke dalam blok-blok yang dikenali oleh linker dari system
  • Executable file; adalah rangkaian code section yang dapat dibawa loader ke dalam memori dan dieksekusi Attribut Pada Berkas

           Media Penyimpanan Berkas
         Penyimpanan data (data storage) adalah sebuah kemampuan dari sebuah benda yang memungkinkan data tersimpan dalam jumlah besar. Media penyimpanan (storage media atau storage medium) adalah sebuah perangkat piranti keras yang dapat menyimpan informasi. Tanpa sebuah media penyimpanan, anda dan komputer anda tidak mungkin dapat menyimpan pengaturan atau informasi apapun.

a.Penyimpanan Primer
        Ada dua media penyimpanan pada komputer, yakni media penyimpanan primer seperti RAM/ memory komputer dan media penyimpanan sekunder seperti hard drive komputer. Media penyimpanan sekunder dapat berupa media yang dapat dipindahkan, internal maupun eksternal. Kapasitas maksimum untuk RAM saat ini sudah mencapai 64GB.


b.Penyimpanan Skunder
        Piranti penyimpanan utama (primary storage) dari sebuah sistem komputer adalah memori. Data yang disimpan dalam memori akan hilang begitu sistem komputer diputuskan dari aliran listrik. Karena itu dibutuhkan piranti penyimpanan sekunder (secondary storage) yang bersifat permanen, misalnya tape, disket, CD-ROM dan harddisk.

         Hard Disk
Hard Drive (Hard Disk / Hard Disk Drive (HDD) atau Hard Drive (HD)) adalah sebuah perangkat keras berbentuk lempengan magnetis yang mampu menyimpan data sekunder dan sistem operasi dari sebuah komputer. Hard disk juga merupakan bagian komponen komputer yang sangat penting. Hard disk digunakan untuk menyimpan data, dokumen dan file – file lain di dalam sebuah pc, laptop maupun netbook. Dikembangakan dari hard drive terdahulu dengan berbagai pembaharuan mekanis hard drive hanya memerlukan beberapa lempengan piringan untuk memperbesar kapasitas penyimpanannya. Namun saat ini hard drive mampu menampung data sebanyak 1 Terabyte atau setara lebih dari 1000 megabyte hanya dengan 2 (dua) lempeng bahkan 1 (satu) lempeng piringan maknetis berukuran lebar 6cm saja.



         Blu – ray Disc
Blu-ray Disc adalah sebuah piringan cakram yang berukuran sama besar dengan VCD atau DVD, namun Blu-ray memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dalam kualitas tinggi (lebih khusus pada video definisi tinggi) yakni 25-50 GB, untuk jenis satu lapis (single layer)dan 50-100 GB untuk jenis dua lapis (double layer). Blu-ray Disc masih tetap digunakan hingga saat ini sebagai media penyimpanan untuk penyempurnaan CD dan DVD.


         Memory Card
Memory Card adalah sebuat alat penyimpan data digital seperti gambar digital, berkas digital, suara digital dan video digital.Memory card lebih popular digunakan pada telepon genggam, mp3/mp4 player, kamera digital, handicam, dll. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB, 64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya kelipatan dua.


        Flash Disk
        Pada media penyimpanan seperti flashdisk misalnya memiliki beberapa kapasitas simpan seperti 4GB, 8GB, dan seterusnya. Namun banyak pengguna penasaran mengapa kapsitas yang tertampil tidak mencapai kapasitas yang dimaksud, misalnya hardisk dengan kapasitas 320 GB hanya tertampil 298 GB.



Perbedaan RAM DDR2 dan RAM DDR3 
       perbedaan antara DDR2 dan DDR3? Perlu diingat bahwa laptop-laptop terbaru saat ini sudah mulai banyak yang menggunakan DDR3 dibandingkan dengan DDR2.

Beda antara DDR2 dan DDR3
DDR2 atau Double Data Rate 2 saat ini sudah menjadi standar untuk sebuah PC atau Laptop menggantikan DDR sebelumnya. DDR3 mengkonsumsi power 1.5V per chip lebih hemat 0.3V dibandingkan dengan DDR2, itu artinya sebuah Laptop dengan DDR3 akan mempunyai daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan yang memakai DDR2.

Untuk data transfer DDR2 mampu melakukan kinerja 400-1066 MT/s (MegaTransfer per second) dan 3200-8533 MB/s sedangkan DDR3 mampu bekerja 800-2133 MT/s dan 6400-17066 MB/s! untuk masalah I/O bus Clock DDR2 tersedia antara 200-800MHz sedangkan DDR3 4000-1600 MHz

Karakteristik File :
a.       Persistance
Informasi dapat bertahan meski proses yang membuatnya berakhir atau catu daya dihilangkan. Dengan property seperti ini maka file yang didapat dari hasil proses dapat dijaga dan digunakan pada masa yang akan dating.

b.      Size
Setiap file memiliki ukuran, terkadang file mempunyai ukuran yang sangat besar sehingga memungkinkan membutuhkan tempat penyimpanan yang sangat besar pula.

c.       Sharability
File dapat digunakan diberbagai proses yang mengakses informasi secara konkruen.
Perintah dalam Manajemen File :
Dalam Windows Explorer
  •  Copy : menyalin file atau folder tertentu ke tempat atau drive lain yang kita inginkan.
  • Cut : memindahkan file atau folder tetentu ke tempat atau drive lain yang kita inginkan
  • Paste : Perintah Paste berfungsi untuk menyalin/menempel text atau objek  yang telah tersimpan didalam clipboard yang dilakukan oleh perintah cut dan copy.
  • Open : Membuka berkas untuk menyimpan proses selanjutnya
  • Read : Membaca data pada berkas
  • Print : untuk mencetak suatu berkas file atau document yang sedang aktif
Dalam CMD / Dos
  • Copy : Berfungsi untuk menyalin file dari lokasi satu ke lokasi lain. 
  • MD : Berfungsi untuk membuat direktori
  • RD : Berfungsi untuk menghapus suatu direktori
  •  CD : Berfungsi untuk berpindah dari satu direktori ke direktori lain.
  •   Edit : Perintah eksternal. Untuk mengedit file teks (interaktif)
  • DIR : Berfungsi untuk menampilkan file dan subdirektori yang terdapat dalam direktori.
  • DEL : Berfungsi untuk menghapus file. 
  • Move : Perintah ini digunakan untuk memindahkan satu atau beberapa file pada tempat yang kita inginkan. Intruksi MOVE selain untuk memindahkan file juga bisa mengganti nama direktori dan nama file yang dipindahkan.
Atribut File
      Selain nama dan data, sebuah berkas dikaitkan dengan informasi-informasi tertentu yg disebut atribut diantaranya adalah :
1.      Nama. nama berkas simbolik ini adalah informasi satu-satunya yang disimpan dalam format yang dapat dibaca oleh pengguna.
2.      Identifier. Tanda unik ini yang biasanya merupakan sebuah
3.      Jenis. untuk sistem-sistem yang mendukung jenis berkas yang berbeda.
4.      Lokasi. penunjuk pada sebuah device dan pada lokasi berkas pada device tersebut.
5.  Ukuran. Ukuran dari sebuah berkas (dalam bytes, words, atau blocks) dan mungkin ukuran maksimum dimasukkan dalam atribut ini juga.
6.      Proteksi. menentukan siapa yang dapat melakukan read, write, execute, dan lainnya.
7.  Waktu dan identifikasi pengguna. untuk pembuatan berkas, modifikasi terakhir, dan penggunaan terakhir. Data-data ini dapat berguna untuk proteksi, keamanan, dan monitoring penggunaan.

Ekstensi File
1.      Executable exe, com, bin, atau  tidak ada
2.      Object obj, o
3.      Source code c, cc, java, pas, asm
4.      Batch bat, sh
5.      Text txt, doc
6.      Word wp, tex, rtf, doc
7.      Library lib, a, so,
8.      Print/view ps,pdf, jpg
9.      Archive arc, zip, tar, rar
10.  Multimedia mpeg, mov, rm, 3gp
11.  Gambar bmp, jpg, gif, png
12.  Halaman web htm, html, php, asp



Tipe File
  •  File Reguler : File berisi informasi , terdiri dari File ASCII dan biner. File ASCII berisi baris teks . File biner adalah yang bukan file ASCII
  •  File Direktori : File direktori merupakan file berisi informasi – informasi mengenai file – file yang termasuk dalam direktori itu.
  •  File Spesial : Merupakan nama logik perangkat input/output 
Tabel Ascii

 Tipe Tipe File Direktori